Puisi Sebagai Terapi: Mengungkapkan Manfaat Menulis Untuk Kesehatan Mental

0
Ilustrasi menulis puisi

NARASITODAY.COM – Puisi yang diakui sebagai bentuk ekspresi seni yang mendalam, namun sekarang ini banyak orang yang menyadari puisi juga bisa sebagai terapi, dan juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. 

Menulis puisi memungkingkan untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang sering kali sulit diungkapkan dengan kata-kata biasa, dan puisis juga membantu mereka melepaskan tekanan emosional dan meredakan stres.

Berikut ini manfaat menulis puisi yang tidak disadari orang-orang:

  1. Mengelola Emosi dengan Cara Unik

Menulis puisi menawarkan cara yang unik untuk memahami dan mengelola emosi. Kegiatan ini juga memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan perasaan yang mungkin sulit diungkapkan dengan kata-kata sederhana. 

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Cat Rambut di Tangan dengan Mudah

Dengan memformulasikan perasaan menjadi kata-kata yang terstruktur, individu dapat meredakan ketegangan emosional dan menemukan cara baru untuk melihat situasi yang menantang.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Penelitian karya Siegert mengungkapkan bahwa jika kita mencatat mimpi yang kita alami, ternyata hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas. Selain pemikiran kreatif menjadi berkembang, menuliskan jurnal tentang mimpi juga dapat membuka wawasan kita tentang pikiran alam bawah sadar yang tidak jarang menjadi topik yang menarik. 

  1. Terapi Melalui Kata-kata

Menulis puisi juga bisa menjadi bentuk terapi yang efektif. Proses menulisnya memungkinkan individu untuk menjelajahi emosi mereka dalam lingkungan yang tenang dan terkontrol. 

Melalui kata-kata, mereka dapat mengurai perasaan yang rumit dan menemukan titik terang di tengah emosi yang kacau. Ini menjadikan puisi sebagai alat yang bermanfaat dalam manajemen stres dan kesehatan mental.

  1. Sarana Eksplorasi Diri dan Refleksi
Baca Juga :  Buah Unik di Indonesi Yang Wajib Dicoba Untuk Menggali Rasa Dan Manfaatnya

Menulis puisi memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi perasaan terdalam mereka. Kegiatan ini juga bisa jadi cara untuk mengekspresikan diri dengan lebih jujur. 

Bagi beberapa orang, menulis puisi tidak hanya menghibur, tetapi juga sangat terapeutik. Dalam banyak kasus, menulis puisi bahkan bisa membantu individu menghadapi dan mengatasi emosi yang kompleks, serta menemukan kedamaian batin.

  1. Membantu Mencapai Tujuan Hidup

Kemudian, sebuah studi dari Dominican University of California menunjukkan bahwa seseorang yang menuliskan tujuan hidup dalam bentuk tulisan ternyata berpeluang lebih besar untuk mewujudkannya dibandingkan dengan orang yang tidak menuliskannya.

  1. Meningkatkan Kebahagiaan dan Kepuasan
Baca Juga :  Skincare Rutin Pada Malam Hari Diusia 30 Tahun: Mencegah Penuaan Dini

Menulis puisi tidak hanya membantu mengatasi emosi negatif, tetapi juga dapat meningkatkan perasaan bahagia. Times of India menyebutkan bahwa mengekspresikan diri secara kreatif melalui puisi dapat membawa kebahagiaan dan rasa puas. 

Aktivitas ini juga memungkinkan seseorang untuk merayakan momen-momen kecil dalam hidup dan menemukan keindahan dalam hal-hal sederhana.

Inilah manfaat-manfaat menulis puisi yang tadinya bukan hanya sekedar hobi, tetapi ternyata puisi juga menjadi penyembuhan kesehatan mental dan memperbaiki kondisi pikiran.***