Lionel Messi Versi Maluku: Xiamaro Thenu Siap Bergabung dengan Timnas Indonesia

0
Ilustrasi Xiamaro Thenu

NARASITODAY.COM Xiamaro Thenu, pemain muda berusia 19 tahun yang dikenal dengan julukan “Lionel Messi” versi Maluku, telah menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Dalam sebuah wawancara di channel YouTube Yussa Nugraha, Xiamaro mengungkapkan harapannya untuk memperkuat skuad Garuda di masa depan. 

“Aku berharap suatu saat nanti bisa membela Timnas Indonesia,” ujar Xiamaro, menunjukkan keinginannya yang kuat untuk bermain bagi tanah airnya.

Xiamaro Thenu saat ini bermain sebagai bek kiri untuk tim U-21 Vitesse Arnhem di Belanda, setelah sebelumnya menimba ilmu di beberapa akademi sepak bola di Belanda seperti SV Houten dan FC Utrecht. 

Baca Juga :  Indonesia Garuda Muda Terbang ke Cina untuk Mengikuti Piala Asia U-20 2025

Meskipun masih muda, Xiamaro telah menunjukkan bakat luar biasa dalam mengolah bola, yang membuatnya disandingkan dengan gaya permainan Lionel Messi.

Banyak pemain keturunan Belanda yang bermain di sana. 

Saya mendapat banyak berita soal itu, ya kami tentu saja mengikutinya,” kata Xiamaro Thenu kepada Yussa Nugraha. 

Baca Juga :  Ini Pesan Ketua DPRD Rudy Susmanto Saat Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah

“Banyak pemain keturunan Indonesia bisa ke sana, dan mengambil keputusan yang bagus ke sana.” 

Menurut pemain berusia 19 tahun itu, salah satu daya tarik sepak bola Indonesia adalah suporternya yang sangat antusias.

Namun, Xiamaro menyadari bahwa performanya masih perlu ditingkatkan agar menarik perhatian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. “Tentunya, aku harus menunjukkan diriku sendiri di lapangan terlebih dahulu,” tambahnya, menekankan pentingnya konsistensi dan peningkatan kualitas permainan.

Baca Juga :  Sebelum Laga Lawan Arab Saudi, Pemain Timnas Indonesia Pilih Umrah

Xiamaro juga membicarakan tentang proses naturalisasi, meskipun belum mendapatkan informasi langsung dari agennya. “Setahu saya, belum ada kontak dengan PSSI, karena hal ini disampaikan melalui agen saya,” jelasnya. 

Ia berharap bahwa PSSI segera menghubunginya untuk membahas kemungkinan bergabung dengan Timnas Indonesia.

Darah Maluku yang mengalir dalam dirinya, berasal dari ayahnya yang merupakan keturunan asli Maluku, membuat Xiamaro merasa memiliki ikatan yang kuat dengan Indonesia.***