Mengenal 5 Manfaat Buah Tomat Mentah untuk Kesehatan dan Kecantikan

0
Ilustrasi buah tomat

NARASITODAY.COM Buah tomat mentah ternyata memiliki 5 manfaat luar biasa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, menjadikannya sebagai salah satu superfood yang patut diperhatikan.

Pertama, tomat mentah kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kedua, kandungan likopen dalam tomat mentah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta menjaga kesehatan kulit dengan memberikan perlindungan dari sinar UV.

Baca Juga :  Kenapa Orang Cerdas Cenderung Pendiam? 5 Alasan Yang Patut Diketahui

Selanjutnya, tomat mentah juga dikenal dapat membantu mengatasi masalah pencernaan berkat seratnya yang tinggi, sehingga mendukung kesehatan usus.

selain itu ada banyak manfaat lainnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini 5 manfaat buah tomat bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Tomat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua bentuk vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Keduanya dapat mencegah kerusakan mata akibat pertambahan usia, seperti degenerasi makula, serta melindungi dari kerusakan mata akibat cahaya biru dari ponsel atau komputer.

  1. Menurunkan dan Mengontrol Tekanan Darah
Baca Juga :  Jelang Pemilu, Ketua DPRD Rudy Susmanto Apresiasi Polres Bogor Dalam Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Tomat kaya akan kalium yang dapat mengurangi kadar natrium dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Kontrol tekanan darah yang baik juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Kandungan vitamin C dalam tomat dapat merangsang pembentukan kolagen, yang membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput. Selain itu, karotenoid dan likopen juga membantu mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah
Baca Juga :  Satelit Starlink Menciptakan Gangguan Pada Observasi Astronomi

Tomat merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Indeks glikemik rendahnya membuat tomat ideal bagi penderita diabetes.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Kandungan vitamin C dan beta-karoten dalam tomat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga meningkatkan resistansi terhadap penyakit.***