Lapas Kelas II A Cibinong Hadirkan Dapur Sahabat Roti Prabudana

0
lapas

NARASITODAY.COM – Guna optimalisasi pembinaan kemandirian dan pemenuhan gizi dan makanan sehat terhadap warga binaan Lapas Kelas II A Cibinong Pondok Rajeg, Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI dan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat resmikan Dapur Sahabat Roti Prabudana di Lapas Kelas II A Cibinong, Senin (29/1/24).

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, peresmian Dapur Sahabat dan peninjauan pembuatan roti di lapas Kelas II A Cibinong sebagai wujud kesungguhan pemerintah untuk memberikan layanan terbaik dan prima terutama dalam aspek pemenuhan makanan sehat bagi warga binaan di lapas kelas II A Cibinong.

“Atas nama Pemkab Bogor kami mengucapkan selamat dan apresiasi atas inovasi dan diresmikannya Dapur Sahabat. Alhamdulilah Dapur Sahabat telah mendapat sertifikasi layak higienis, tentunya produk pangan yang dihasilkan terjamin dari sisi kualitasnya, tadi kami sudah cicipi rasanya enak. Ini juga sebagai upaya kami dalam melakukan optimalisasi pembinaan kemandirian terhadap warga binaan di lapas Cibinong, agar mereka memiliki bekal keterampilan pasca pembinaan,” jelas Asmawa Tosepu.

Baca Juga :  Hore!! THR PNS di Bogor Cair, Segini Anggarannya 

Selanjutnya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga menyampaikan bahwa bicara lapas juga berbicara mengenai keamanan, pembinaan dan pelayanan kesehatan, layanan makan dan lainnya. Pelayanan dan pembinaan yang baik kepada warga binaan maka harapannya ketika mereka keluar dari binaan tentunya mereka bisa memiliki keahlian, salah satunya keahlian membuat roti melalui peresmian Dapur Sahabat tersebut, ketika mereka mandiri maka akan berdampak kepada kemandirian pembangunan bangsa dan kemandirian masyarakat.

Baca Juga :  Barang Elektronik Warga di Parakanmuncang Mendadak Rusak Secara Masal

“Terima kasih kepada Pj. Bupati Bogor juga Forkopimda atas dukungannya, kehadiran Dapur Sahabat ini sebagai upaya untuk Ini memanusiakan manusia terhadap seluruh warga binaan baik di Lapas Kelas II Cibinong juga yang ada di lapas seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya pemberian sertifikat layak higienis dan sanitasi juga sangat penting untuk menekan angka kesakitan dan kematian terhadap warga binaan akibat makanan yang kurang sehat. Sehingga sertifikat layak higienis ini hal yang wajib dimiliki setiap pelayanan produksi makanan, termasuk pembuatan roti di lapas Kelas II A Cibinong.

Di tempat yang sama, Kepala Kemenkumham Kanwil Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya menuturkan bahwa, hari ini lapas kelas II A Cibinong dan rutan Kanwil Jawa Barat bisa mengimplementasikan dan mewujudkan petunjuk dan arahan pimpinan, terutama terkait dengan memanusiakan warga binaan di seluruh lapas RI dan Jawa Barat. Salah satunya melalui pembuatan dapur yang baik dan sehat agar warga binaan mendapat perlakuan yang manusiawi dengan makanan yang sehat dan berstandarkan baik.

Baca Juga :  Perjuangan Anak 12 Tahun Warga Pamijahan yang Melawan Kanker Perut

“Alhamdulilah, se-Jawa Barat lapas Kelas II A Cibinong yang duluan merespon, hari ini saya akan perintahkan Kalapas/Karutan setelah melihat peresmian ini untuk meresmikan di UPT nya masing-masing yang ada di Jabar,” tandasnya.***