Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Pemda Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok di Bulan Ramadhan

0
RUDY SUSMANTO
FOTO : IST

NARASITODAY.COMKetua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar menjaga stabilitas harga dan stok bahan pokok saat bulan Ramadhan 1445 H atau 2024 M.

“Pemkab Bogor harus bisa menjamin harga bahan pokok itu agar tidak melambung dan harus tetap stabil. Jangan juga ketika harganya stabil, tapi sulit dicari oleh masyarakat,” kata Rudy Susmanto, Selasa (27/2/2024).

Rudy Susmanto juga menekankan agar Pemkab Bogor harus melakukan berbagai langkah aktif untuk menjamin semua ini.

Baca Juga :  Dua Politisi Kawakan Dari Bogor Bersatu, Koalisi Golkar-PPP Bisa Terjadi

Jangan sampai pada saat Ramadhan harga semua kebutuhan pokok melambung, hingga masyarakat merana.

“Kami dari DPRD Kabupaten Bogor akan terus mengingatkan Pemerintah, sehingga tergambar nyata apa yang harus dilakukan untuk menstabilkan harga bahan pokok dan stok tetap mencukupi,” jelas Rudy Susmanto.

Apalagi, lanjut Rudy Susmanto tersebut, ditengah meroketnya harga beras karena terimbas oleh Elnino, maka potensi kelangkaan juga akan ada.

“Saat ini harga beras sedang melambung, bisa saja terjadi kelangkaan karena stok yang terbatas. Oleh karena itu, Pemkab Bogor harus terus mengawasi secara ketat agar tidak terjadi kelangkaan beras dan juga bahan pokok lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Sebut Inovasi Kunci Terciptanya Layanan Masyarakat Yang Prima

Rudy Susmanto juga sangat mendukung upaya Pemkab Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) yang sudah mengadakan kegiatan Gerakan Pangan Murah dalam rangka menstabilkan pasokan dan harga pangan.

“Saya sangat mendukungan digelarnya gerakan pangan murah oleh Pemkab Bogor untuk mengatasi seperti masalah ini,” terang Rudy Susmanto.

Namun, tegas Rudy Susmanto hal itu tidak akan menjadi solusi yang panjang karena harga bisa saja terus meroket jika tidak dibarengi dengan pengawasan yang ketat.

Baca Juga :  Dinkes Jabar Mencatat Kasus Demam Berdarah di Kota Bogor Tertinggi se-Jabar

Dengan begitu, harga bahan pokok di setiap hari besar tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Tidak menjadi solusi yang tepat juga, jika terus digerakan gerakan pangan murah. Sehingga harus dilakukan penataan ulang kembali untuk pemenuhan bahan pokok bagi masyarakat,” katanya.

“Dengan begitu pada memon-momen hari besar tidak hanya Ramadhan atau Idul Fitri namun juga di saat Natal, semuanya tetap stabil,” pungkas Rudy Susmanto. ***