Ini 8 Makanan Kuliner di Maluku Wajib Anda Cicipi

0

NARASITODAY.COM- Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan rempahnya adalah Maluku.

Wilayah sebagai pusat rempah-rempah, seperti pala dan cengkeh.

Nah, kali ini artikel ini akan membahas makanan khas Maluku yang sering dicari travel lantaran rasa makanannya sangat berasa bumbu rempahnya.

Tak heran, Maluku pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah.

Bahkan, di masa kolonial Belanda, salah satu pulau di Maluku yakni Kepulauan Banda pernah diperebutkan oleh banyak negara Eropa, seperti Portugis, Belanda, dan Inggris.

Tidak afdhal rasanya jika berkunjung ke daerah di timur Indonesia ini tidak mencicipi kulinernya.

1. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala banda merupakan salah satu makanan khas dari Maluku. Makanan yang dapat kita temukan di Kepulauan Banda ini tentunya dijamin akan mengundang rasa lapar.

Ikan kuah pala banda adalah masakan yang biasanya menggunakan ikan kakap atau kerapu. Sesuai dengan namanya, makanan khas Maluku satu ini cenderung pedas dan segar karena berbahan dasar rempah-rempat macam cabai, merica, dan garam.

Baca Juga :  Ekspedisi Keindahan Alam Tersembunyi: Mahasiswa Aksi Bakti FORMABI-KIP UIN Jakarta Eksplor Wisata di Kampung Sitoko Lebak-Banten 

2. Ikan Bakar Dabu-dabu

Meski ikan dabu-dabu dikenal di daerah Manado, namun Maluku juga memiliki ikan bakar dabu-dabu versi sendiri. Jika kamu sedang ingin makan bakar-bakaran tak ada salahnya untuk mencicipi makanan satu ini.

Ikan bakar dabu-dabu sang pas dinikmati dengan sambal dabu-dabu yang pedas dan khas. Tak hanya itu, makanan ini juga enak jika disantap dengan nasi hangat.

3. Lalampa

Lalampa merupakan makanan khas Maluku yang berisi beras ketan. Di dalamnya terdapat daging ikan tongkol atau ikan cakalang. Sebelum diolah, isiannya juga ditambahkan berbagai bumbu rempah dan minyak sayur.

Jika isi lalampa dirasa telah cukup banyak, lalu dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, dibakar hingga matang. Proses membuat lalampa dengan cara dibayar dapat membuat aroma, rasa, dan bumbu meresap hingga ke dalam.

4. Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo terbuat dari berbagai macam bahan, seperti irisan tomat muda, cabai rawit, bawang merah, dan berbagai rempah lainnya. Lalu, dicucuri dengan jeruk nipis dan ditambahkan daun kemangi yang wangi.

Baca Juga :  Tradisi Warisan Leluhur, Kasepuhan Kampung di Bantarkaret Jaga Alam dan Budaya

Sambal colo-colo biasanya dijadikan sebagai makanan pelengkap yang wajib ada dihidangkan oleh masyarakat Maluku. Terlebih lagi, sambal satu ini sangat cocok dinikmati dengan ikan bakar dan nasi panas.

5. Nasi Lapola

Nasi lapola merupakan salah satu makanan khas Maluku yang terkenal dengan kelezatannya. Selain lezat, makanan satu ini juga bergizi karena terbuat dari bahan dasar beras, kacang tolo, dan parutan kelapa.

6. Sagu Papeda

Tak hanya di Papua, sagu papeda juga dapat kita temukan di daerah Maluku. Mayoritas masyarakat Maluku menjadikan sagu papeda sebagai makanan poko pengganti nasi.

Sagu papeda merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari tepung sagu. Lalu, dimasak hingga kental hingga teksturnya lengket menyerupai lem. Meski rasanya tawar, makanan satu ini juga baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  Inilah Pilihan Wisata Paling Dicari di Barat Kabupaten Bogor

Sebab, sagu papeda kaya akan serat, memiliki nutrisi yang tinggi, dan rendah akan kolesterol.

7. Manisan Pala

Manisan pala jadi salah satu makanan khas yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Maluku. Sesuai dengan namanya, makanan satu ini terbuat dari bahan dasar rempah buah pala.

Adapun, proses pembuatan manisan pala yakni dengan mengiris tipis-tipis buah pala segar. Setelah itu, direndam dengan air garam selama sehari. Ini dilakukan dengan tujuan agar rasa sepat pada buah hilang.

8. Kohu-kohu

Kohu-kohu adalah makanan khas Maluku yang tampilannya mirip dengan urap sayur. Berbagai macam bahan dapat kita temukan di makanan khas satu ini. Seperti kacang panjang, timun, kemangi, tauge, kangkung, dan lain-lain.

Tidak seperti urap sayur pada umunya, terdapat tambahan ikan pada kohu-kohu. Jenis ikan yang dapat ditemui dalam makanan khas tersebut adalah ikan pindang, tongkol, dan teri basah. (*)

Baca berita lengkapnya disini.