Ini Makna dan Arti Logo HJB Kota Bogor Dengan Tema Raharja Gawe Rancage

0

NARASITODAY.COM- Pemerintah Kota Bogor resmi mengenalkan logo Hari Jadi Bogor ke 542. Untuk tahun 2024 ini Hari Jadi Bogor (HJB) ke 542 bertemakan “Raharja Gawe Rancage”

Melansir laman resmi kotabogor.go.id, Jumat (17/5/2024) tema tersebut gabungan dari bahasa sansekerta dan Sunda.

Raharja artinya sejahtera, Gawe artinya kerja/perbuatan dan Rancage artinya sebuah proses atau upaya untuk menuju yang lebih baik.

Jadi, Raharja Gawe Rancage dapat diartikan bahwa kesejahteraan warga dapat dihasilkan dari setiap program pembangunan dan ikhtiar menuju pelayanan yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Pelayanan SIM Keliling Kota Bogor Hari Ini, Berikut Persyaratan, Jadwal dan Lokasinya

Angka 642 yang saling terkait dan terhubung dimaknai sebagai semangat gotong royong, guyub dan kolaborasi dari semua elemen masyarakat.

Sementara, angka tahun aksara sunda, merupakan aksara sunda yang artinya 1482-2024. Penentuan tahun 1482 sebagai Hari Jadi Bogor diambil dari peristiwa dinobatkan Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja sebagai Susuhunan Pajajaran.

Ornamen yang tersemat dalam logo ini menggambarkan keberlanjutan pembangunan tanpa menghilangkan karakter Bogor yang hijau dan heritage serta mampu menjadi ikon-ikon baru di Kota Bogor.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Pastikan BPBD Siap Siaga Antisipasi Bencana

Warna hijau secara umum merupakan lambang dari alam, lingkungan,kehidupan dan kesuburan dengan banyaknya ketersediaan ruang terbuka hijau di Kota Bogor. Juga dengan diraihnya Adipura 2 kali berturut turut menggambarkan Kota Bogor yang peduli akan lingkungan.

Warna orange merupakan simbol kehangatan daan perasaan semangat yang berapi api, membangkitkan rasa percaya diri, rasa optimis yang kuat untuk membangun Kota Bogor lebih baik lagi. Warna orange juga memiliki unsur warna yang beraarti keberanian namun penuh ketenangan.

Baca Juga :  Ribuan Orang Akan Bekumpul di Sukajaya, Masa Keemasan Golkar Bakal Terulang

Pada umumnya, warna biru bisa memberikan kesan konservatif, dapat dipercaya dan diandalkan serta memiliki stabilitas kuat, menggambarkan pemerintah dalam mengambil sikap dan memberi kesan percaya pada masyarakat.

Warna biru juga melambangkan ketenangan, yaitu dengan fasilitas dan pembangunan yang disediakan, berharap masyarakat bisa menikmati dengan rasa tenang dan tanggung jawab. ***