Bangun Pengusaha Muda, Siswa MAN 2 Bogor Praktek P5RA bertajuk “Icalan Day”

0

NARASITODAY.COM – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor Kabupaten Bogor telah melangsungkan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin atau yang disingkat dengan P5RA.

P5RA ini merupakan Projek yang wajib dilakukan oleh Satuan Pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka.

Projek P5RA ini merupakan bagian dari Struktur Kurikulum Merdeka yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek dan Kemenag RI.

Adapun untuk tema kali ini, siswa MAN 2 Bogor praktek P5RA dengan tema kewirausahaan, kegiatan ini digelar di halaman MAN 2 Bogor. pada, Rabu (13/6/24).

Baca Juga :  7 Rekomendasi Warna Cat Rumah Biar Tetap Adem dan Nyaman

Kepala MAN 2 Bogor Safwan Maulana mengungkapkan, Sebagai pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka, MAN 2 Bogor memilih tiga tema projek yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024.

Pada projek pertama yang dilaksanakan pada semester ganjil, tema yang diambil adalah tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan topik utama “Kemanfaatan Sampah”. Projek kedua kali ini mengambil tema “Kewirausahaan” dengan topik “Icalan day”.

Baca Juga :  Melalui TPS: KPUD Kabupaten Bogor Ajakan Masyarakat Sukseskan Pemilu 2024
Implementasi Kurikulum Merdeka, MAN 2 Bogor memilih tiga tema projek yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024.

“Pada prinsipnya, kita terus melakukan pendekatan edukatif dimana setiap program kegiatan bisa mengedukasi siswa untuk terlibat aktif dan ide-ide itu berasal dari siswa dengan pendampingan atau pengarahan dewan guru, sehingga mereka memiliki keyakinan akan ikhtiar mereka dalam belajar termasuk kewirausahaan ini,” kata Safwan.

Sementara itu, Waka Kurikulum MAN 2 Bogor Iqbal Muhammad Noor mengatakan, Gelar karya ini bertajuk “Icalan day” sebagai salah satu bentuk laporan atas implementasi unsur elemen P5RA yang telah dilaksanakan selama semester ini. Kegiatan ini merupakan output dari beragam kegiatan yang telah dilakukan siswa MAN 2 Bogor.

Baca Juga :  Bahas Bullying, Mahasiswa Hukum Unpam Gelar Pkm Di Smk Yapia Parung Bogor

“Pada implementasi kewirausahaan ini, Siswa diajarkan tidak hanya berjualan, namun sebelum melakukan perayaan belajar, siswa diajarkan terlebih dahulu bagaimana menjadi pengusaha yang mempunyai akhlak mulia, kreatif dan mandiri. Sehingga Ketika nanti praktek mereka menjadi pengusaha yang kreatif dan Islami,” pungkasnya.***