Ketua dan Bendahara Jaringan Jurnalis Bogor Cuti Demi Netralitas di Pilkada 2024

0

NARASITODAY.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Bogor, dua pimpinan teratas Jaringan Jurnalis Bogor (JJB) resmi mengambil cuti.

Ketua JJB, Effendi Tobing, dan Bendahara JJB, Iman R Hakim atau yang akrab disapa Chamonk, kompak menegaskan bahwa keputusan ini diambil demi menjaga marwah dan netralitas organisasi yang mereka pimpin.

Langkah ini dilakukan pada Jum’at (13/9/2024) sebagai respons atas kekhawatiran berbagai pihak mengenai kemungkinan adanya afiliasi organisasi JJB dengan salah satu pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Baca Juga :  DINAMIKA PILKADA KABUPATEN BOGOR KERING IDE DAN GAGASAN

“Kami mengajukan cuti karena ingin menjaga marwah organisasi. Kami tidak ingin JJB terframing seolah-olah memihak kepada salah satu paslon kepala daerah,” tegas Effendi Tobing.

Langkah Kedewasaan dalam Berorganisasi

Iman R Hakim menambahkan, keputusan mereka untuk cuti merupakan bentuk kedewasaan dalam berorganisasi.

Keduanya merasa perlu menjaga independensi JJB di tengah dinamika politik yang semakin memanas, terlebih dengan penunjukan Effendi Tobing sebagai Ketua Tim Media Center calon Bupati Bogor, Rudy Susmanto.

“Kami tidak ingin JJB digiring seolah-olah mendukung satu paslon. Padahal, penunjukan Effendi sebagai Ketua Tim Media Rudy Susmanto adalah urusan pribadi, bukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua JJB,” jelas Chamonk.

Baca Juga :  Menteri LHK Ajak Semua Pihak Kerjasama Mengendalikan Karhutla

Lebih lanjut, Chamonk juga membeberkan alasan pribadinya untuk cuti sebagai Bendahara JJB.

Ia mengaku saat ini tengah fokus menjadi ketua tim media pemenangan calon Wakil Bupati Bogor, Ade Ruhandi atau Jaro Ade, dalam Pilkada 2024.

“Alasan saya cuti tak jauh berbeda dengan Ketua JJB. Saya kini berfokus pada tugas di tim media Jaro Ade,” ujarnya.

Baca Juga :  Desa Ciomas Rahayu Gelar BBGRM di Jalan Ciomas Sidangbarang

Penjabat Sementara untuk Menjaga Keberlangsungan JJB

Untuk memastikan roda organisasi JJB tetap berjalan selama masa cuti, Effendi Tobing dan Chamonk menunjuk Diki Wahyudi, selaku Sekretaris JJB, sebagai Penjabat (Pj) Ketua JJB hingga 30 November 2024.

Langkah cuti kedua pimpinan JJB ini merupakan upaya menjaga profesionalisme dan netralitas organisasi di tengah hiruk-pikuk politik menjelang Pilkada 2024.

Sebagai jurnalis, mereka ingin memastikan bahwa JJB tetap berdiri tegak sebagai wadah independen yang tidak terafiliasi dengan kepentingan politik manapun.