PT Pertamina Berencana Menghapus BBM Jenis Pertalite Tahun Ini

0
Ist

NARASITODAY.COM- PT Pertamina (Persero) mengumumkan bahwa pada tahun 2024, hanya produk Pertamax yang akan tersedia sebagai jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) gasoline atau bensin di SPBU, dengan total 3 varian produk. Produk Pertalite akan dihentikan atau tidak lagi tersedia di SPBU.

Dikutip dari Astra, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati membeberkan, bahwa tahun depan pihaknya hanya akan menjual 3 produk bensin BBM yang ramah lingkungan itu, yakni : Pertamax Green 92 (Pencampuran BBM Pertalite dan etanol 7%), kemudian Pertamax Green 95 (Pencampuran Pertamax dan etanol 8%) dan Pertamax Turbo.

Baca Juga :  SDN Parung Tanjung Cicadas Rusak Parah, Camat Gunung Putri Tahun Ini Diperbaiki

Sementara dilansir dari tvonenews, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, bocorkan bahan bakar minyak (BBM) pengganti Pertalite.

Luhut mengatakan ambisi pemerintah mencampurkan bahan bakar minyak, atau BBM fosil dengan sari tumbuh-tumbuhan, atau menjadi bioetanol bertujuan menekan penggunaan bahan baku dari minyak fosil.

Baca Juga :  Ramadhan Penuh Kedamaian,Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Masyarakat Bermuhasabah

Saat disinggung mengenai kemungkinan Pertalite diganti dengan BBM jenis bioetanol, Luhut menyebut hal itu tidak menutup kemungkinan.

Karena menurutnya, tujuannya selain mengurangi minyak fosil, juga meningkatkan kandungan oktan agar lebih ramah lingkungan.

Baca Juga :  Bukan Melarikan Diri, Sopir Pengangkut BBM Dalam Jerigen di Cibungbulang Alami Luka Bakar

“Harus ke sana larinya,” ujar Luhut dalam acara Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth, Sabtu (4/5/2024).***

Sumber : Astra – Tvonenews.com