Pemkab Bogor Dorong Penggunaan e-Katalog untuk Proyek Drainase dan Irigasi

0

NARASITODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) menggelar kegiatan Market Sounding e-Katalog untuk proyek drainase dan irigasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan serta mengarahkan penyedia jasa konstruksi di Kabupaten Bogor agar masuk ke etalase e-Katalog.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Asman Dila, dan Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Dinas PUPR, Rachmat Kurnia, beserta jajaran Dinas PUPR dan UKPBJ Kabupaten Bogor.

Turut hadir pula para asosiasi pengusaha jasa konstruksi dan perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Siapkan RPJMD untuk Sukseskan Pilkada 2024

Dalam sambutannya, Asman Dila menjelaskan bahwa kegiatan market sounding ini bertujuan memberikan informasi kepada para peserta mengenai program pekerjaan drainase dan irigasi yang akan dimasukkan ke dalam e-Katalog.

“Diharapkan kegiatan di Dinas PUPR ini dapat berjalan dengan lancar dengan memaksimalkan e-Katalog. Para asosiasi pengusaha jasa konstruksi yang hari ini hadir akan digiring untuk masuk ke dalam etalase e-Katalog, namun ini masih terus berproses,” ujar Asman.

Asman berharap semakin banyak penyedia jasa konstruksi yang masuk etalase e-Katalog, maka akan semakin kompetitif.

“Harga akan bersaing, maka bisa didapatkan harga terendah atau harga terbaik,” tambahnya.

Baca Juga :  Jokowi Sambut Hangat Para Pemimpin Dunia di Forum Indonesia-Afrika 2024

Senada dengan Asman, Rachmat Kurnia menjelaskan bahwa Kabupaten Bogor agak tertinggal dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di sekitarnya dalam penggunaan e-Katalog untuk pemilihan penyedia barang dan jasa, khususnya pekerjaan konstruksi.

Pemkab Bogor melalui Dinas PUPR khususnya Bidang Penyehatan Lingkungan, pekerjaan drainase dan irigasi ini merupakan yang pertama diusulkan dibukakan etalase produk untuk pekerjaan konstruksi ini,” terang Rachmat.

Rachmat berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi perangkat daerah lainnya untuk menggunakan e-Katalog dalam pemilihan penyedia jasa konstruksi.

“Semoga dengan diperkenalkannya mekanisme pemilihan penyedia jasa melalui e-Katalog ini, mereka bisa cepat beradaptasi,” ujarnya.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, serta Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa No.

Baca Juga :  Berjuang Bersama Sahabat HM Menangkan Pasangan Rudy Susmanto - Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

9 Tahun 2021 tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Instruksi Bupati Bogor pada 6 Januari 2023 dan Surat Pengumuman Pendaftaran Pencantuman Barang/Jasa pada Katalog Elektronik Etalase Produk Pekerjaan Drainase dan Irigasi pada 1 Juli 2024 juga menjadi landasan kegiatan ini.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para penyedia jasa konstruksi dapat segera beradaptasi dengan sistem e-Katalog, sehingga proses pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Bogor dapat berjalan lebih transparan, efisien, dan kompetitif.***