Pakar IT Alumni ITB Sumbangkan Robot WA dan Kecerdasan Buatan untuk Kampanye Haru Dhani

0

NARASITODAY.COM – Kampanye pemilihan walikota wakil walikota Bandung akan semakin marak dengan berbagai inovasi teknologi kampanye untuk meyakinkan pemilih.

Salah satu yang terbaru datang dari pakar IT alumni ITB, Hermansyah.

Dalam acara Kongkow Relawan Hanimun (Haru-Dhani Mumpuni), Hermansyah mendonasikan Robot Whatsapp (WA Bot) bagi pasangan Haru-Dhani guna membantu sosialisasi pasangan calon walikota-wakil walikota Bandung tersebut.

Hermansyah menjabarkan beberapa fungsi utama dalam WA Bot diantaranya : Lomba Foto, Pendaftaran Relawan, serta Tanya Jawab.

Hermansyah lebih jauh mengatakan bahwa Fitur Tanya jawab yang dilakukan melalui WA Bot telah ditenagai oleh kecerdasan buatan yang dikembangkannya sendiri tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti OpenAI atau Gemini.

Baca Juga :  MA Peduli Gelar Operasi Bersih-Bersih di Megamendung, Bogor

Hermansyah berharap dengan kehadiran WA Bot ini, pemilih dapat mendapatkan informasi yang memadai sebelum menentukan pilihan dalam Pemilukada Kota Bandung.

“Kami sudah mengembangkan WA Bot ini sejak lama dan sudah terbukti mampu menjadi media komunikasi efektif. Apalagi kali ini akan ditenagai oleh artificial inteligence (AI) yang dapat memberikan informasi atas pertanyaan yang diajukan pemilih,” Ujar Hermansyah.

Hermansyah juga menambahkan bahwa aplikasi Whatsapp dipilih sebagai medium karena merupakan aplikasi sosial media yang paling sering digunakan oleh warga masyarakat.

Baca Juga :  Sambangi Organisasi PD Persis, Haru Suandharu Diminta Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Jika Pimpin Kota Bandung

“WA menduduki peringkat atas aplikasi yang digunakan warga Indonesia dalam berkomunikasi sehingga pemilih tidak akan kesulitan menggunakannya. Warga Bandung tinggal menghubungi kontak WA Sahabat Haru Dhani di nomor 0877-7741-6237 seperti menghubungi nomor WA biasa. Nanti sistem akan secara otomatis menjawab” tambahnya lagi.

Haru Suandharu sebagai salah satu calon Walikota Bandung merasa terbantu dengan adanya aplikasi WA Bot ini. Beliau berharap aplikasi ini dapat membantu komunikasi antara calon dengan konstituen.

“Saya mengenal baik Bang Hermansyah sebagai alumni ITB yang memiliki kepakaran di bidang IT, bahkan beliau juga diakui Pak Prabowo. Sebuah kehormatan bagi saya mendapat dukungan dari Bang Hermansyah melalui aplikasi WA Bot ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi awal kolaborasi ke depannya.” Ujar Haru.

Baca Juga :  Berdiri Sudah 4 Tahun, Sagala Grup Dongkrak Cloud Kitchen Multi-Brand Inovatif dibalik Kesuksesan Ayam Bang Dava

Dalam sambutannya sebagai Calon Walikota Bandung, Haru mendorong kolaborasi dalam membangun Kota Bandung. Termasuk merangkul generasi muda yang melek teknologi.

“Kota Bandung sudah dikenal luas sebagai pusat industri kreatif. Kami menginginkan ke depan bukan hanya dikenal tapi juga menjadi kota kreatif di tataran global. Salah satunya melalui dukungan talent bidang IT” Ujar Haru.

Haru berharap layanan berbasis teknologi dapat menjadi salah satu pondasi layanan Kota Bandung.***