Pemkab Bogor Kembali Gelar Festival Domba Tahunan, Integrasikan Peternakan dengan Budaya dan Pariwisata

0
Pemkab Bogor Kembali Gelar Festival Domba Tahunan, Integrasikan Peternakan dengan Budaya dan Pariwisata

NARASITODAY.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menggelar agenda rutin tahunan yakni Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2024 di Lapangan Panahan Stadion Pakansari Cibinong, Minggu (13/10/24). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengintegrasikan peternakan dengan budaya dan pariwisata di Kabupaten Bogor.

Pj. Bupati Bogor Bachril Bakri mengatakan, saat ini Pemkab Bogor tengah mendorong usaha ternak tidak hanya semata bertujuan untuk menghasilkan bibit ternak unggul, tetapi juga harus mulai memperhatikan segi komersialnya dan menjadi daya tarik pariwisata sehingga dapat menghasilkan nilai tambah bagi pelaku usaha peternakan dan masyarakat sekitar. Hal ini sejalan dengan tagline branding Kabupaten Bogor Sport and Tourism menjadikan pariwisata seni dan budaya sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Tentunya kami, pada prinsipnya Pemkab Bogor akan terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk peternakan Kabupaten Bogor melalui peningkatan produktivitas dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha peternakan,” tegas Bachril Bakri.

Baca Juga :  Polsek Cibinong Tangkap 10 Pelaku Perjudian Sabung Ayam di Kampung Cikaret

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati Bogor mengajak seluruh peternak untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas ternak unggulan lokal asli Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan berbasis sumber daya ternak lokal. Serta terus berpartisipasi aktif dalam upaya pemajuan kebudayaan daerah melalui penyelenggaraan berbagai festival seni dan budaya. Khususnya komoditas domba Garut yang bukan hanya sebagai ternak penghasil daging, tetapi sekaligus memiliki daya pikat pariwisata melalui ketangkasan domba Garut yang merupakan sumber daya genetik asli Jawa Barat sehingga perlu dilestarikan sebagai aset budaya daerah.

Atas nama pribadi dan Pemkab Bogor kami sangat berterima kasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara festival ternak domba kambing dan seni ketangkasan domba beserta seluruh stakeholder terkait, khususnya Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, dan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI).

Baca Juga :  Gelo!! Ada Tempat Jual Miras di Metland Cileungsi, Pol PP Berani Tindak Gak Nih?

“Semoga kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi, tukar pengalaman dalam upaya menghasilkan bibit ternak yang berkualitas, memperluas jangkauan pasar baik domestik maupun ekspor dan menarik minat masyarakat. Juga dapat mengenal dunia peternakan serta dapat melahirkan para pelaku usaha peternakan baru,” jelasnya.

Kemudian, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Teten Masduki menyatakan, apresiasi kepada Pemkab Bogor yang selalu rutin melaksanakan festival ternak domba-kambing dan seni ketangkasan domba tingkat Kabupaten Bogor, ini luar biasa. Sebab festival domba seni ini sangat penting dilaksanakan untuk menjaga kualitas bibit ini khusus di Kabupaten Bogor, terutama bagi para  budidaya ternak penting dilakukan sehingga mereka akan terus meningkatkan ternaknya.

“Terima kasih kepada Kabupaten Bogor yang telah rutin melaksanakan event ini, karena akan memberikan motivasi kepada peternak agar lebih produktif,” ia mengapresiasi.

Baca Juga :  Protes Jalan Rusak, Warga Cikeas Gunung Putri, Tanami Pohon Pisang

Selanjutnya, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Nurhayanti menerangkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelestarian sumber genetik ternak lokal seperti domba Garut dan kambing ternak etawa sekaligus memotivasi para peternak untuk menghasilkan bibit unggul. Juga untuk mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai pemimpin ketahanan lokal dan nasional serta memperluas jaringan peternakan dengan berbagai sektor lainnya.

“Ini juga sebagai upaya mempromosikan peternakan Kabupaten Bogor baik aspek tenak juga wisata, kegiatan ini dilaksanakan dua hari sejak Sabtu 12 hingga Minggu 13 Oktober 2024 yang diikuti 150 peserta festival domba dan kambing, sementara seni ketangkasan domba garut diikuti oleh 400 peserta dari dalam dan luar Kabupaten Bogor,” imbuhnya. (* / Alysa Damaris)