Bagaimana Membuat ‘Pizza’ Bulgogi n Cheese yang Sempurna? Ikuti Langkah-Langkahnya

0
Ilustrasi Pizza’ Bulgogi n

NARASITODAY.COM Jika kamu sedang mencari inspirasi menu baru yang unik dan lezat, maka ‘pizza’ bulgogi n cheese adalah jawabannya. Makanan fusion ini menggabungkan rasa asli pizza Italia dengan sentuhan pedas dan manis dari bulgogi Korea, semuanya ditopang kuat oleh kelembutan mozzarella. Berikut adalah cara membuat ‘pizza’ bulgogi n cheese yang sempurna:

Bahan-Bahan:

  • Adonan Pizza Dough: 500 gram
  • Marinade Bulgogi: 250 gram daging sapi iris tipis, marinasi dengan 50 ml gochujang, 25 ml soy sauce, 15 ml sake, 10 ml madu, 5 ml jahe parut, dan 2 siung bawang putih cincang
  • Tomato Sauce: 150 ml
  • Cheese Mozzarella: 300 gram
  • Bulgogi Beef: Iris tipis sesuai ukuran topping
  • Sayuran Tambahan (opsional): Jamur shimeji, paprika hijau, dll.
Baca Juga :  Tujuh Partai Non Parlement Deklarasi Dukung Calon Bupati Bogor Jaro Ade

Langkah-Langkah Pembuatan:

  1. Pertama-Tama Buat Adonan Roti Pizza: Campurlah tepung terigu dengan air hangat, gula pasir, dan fermipan. Uleni adonan hingga elastis kemudian diamkan selama 30 menit hingga mengembang dua kali lipat.
  2. Olesi Loyang dan Taburi Sedikit Air: Gunakan loyang anti lengket dan olesi dengan sedikit minyak sayur. Taburi air tipis-tipis agar roti tidak lengket.
  3. Roll Out Adonan: Tekan adonan hingga tebalnya sekitar 0,8 cm. Letakkan di atas loyang yang telah diolesi sebelumnya.
  4. Masukkan Oven: Panggang adonan selama 12–14 menit dengan suhu 220°C hingga berwarna emas kecoklatan.
  5. Taburi Tomato Sauce dan Mozzarella: Setelah panggang, taburi tomato sauce di atasnya lalu gunakan spatula untuk meratakannya merata. Atur layer mozzarella di atasnya.
  6. Tambahkan Marinated Bulgogi Beef: Iris marinated beef bulgogi menjadi ukuran yang sesuai untuk topping. Tempatkan di atas layer mozzarella.
  7. Tambahkan Sayuran Opsional (Jika Ada): Jamur shimeji atau paprika hijau bisa ditambahkan sebagai variasi rasa dan tekstur.
  8. Lakukan Pengovenan Akhir: Balikkan loyang ke oven dan panggang selama 10–12 menit lagi hingga cheese meleleh dan bubbly.
  9. Angkat dan Sajikan: Angkat dari oven dan biarkan dingin sebentar sebelum disajikan. Nikmatilah sensasi kombinasi antara rasa asam manis dari bulgogi dengan kelembutan mozzarella yang creamy!
Baca Juga :  Cafe The Cozy Djoglo, Jadi Tempat Gibran Ngopi Santai Dengan Pungusaha Muda Bogor

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan topping favoritmu sendiri.

Selamat mencobanya dirumah.***