Humas Ujung Tombak Kemajuan Sekolah

0

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SECARA harfiah, arti atau makna Hubungan Masyarakat (Humas) berarti hubungan dengan publik atau masyarakat.

Sama halnya dengan yang diungkapkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Humas adalah bagian lembaga pemerintah atau swasta yang melakukan kegiatan mencari dukungan publik bagi usaha-usahanya.

Sedangkan tugas dan fungsi humas di sekolah adalah sebagai berikut, membina hubungan antara sekolah dengan orang tua atau wali murid.

Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya.

Baca Juga :  Pendidikan yang Membias, Menuju Generasi Emas atau Cemas?

Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah, serta koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah.

Jadi benar adanya bahwa humas itu menjadi ujung tombak kemajuan sekolah, karena tugas dan fungsinya sangat penting seperti yang disebutkan di atas.

Maka jangan anggap enteng dan memandang sebelah mata tugas dan peran bagian humas yang ada di sekolah.

Jika humas berjalan dengan baik di sekolah, maka hubungan pihak sekolah dengan peserta didik dan orang tua atau wali murid juga akan berjalan dengan baik.

Baca Juga :  PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

Cirinya dapat dilihat dengan mudah peserta didik dan orang tua/wali murid bangga dengan sekolahnya. Dan peserta didik betah berada di sekolah, alias sekolah menjadi rumah ke 2 bagi peserta didik.

Sekolah yang sudah maju humasnya banyak menjalin kerjasama dengan pihak lembaga pemerintah, dunia usaha, lembaga agama dan lembaga sosial lainnya.

Sedangkan untuk sekolah yang sudah maju, bahkan humasnya sudah menjalin kerjasama dengan pihak dari luar negeri.

Humas yang sukses juga humas yang mampu berkoordinasi dengan semua staf untuk kelancaran semua kegiatan sekolah.

Baca Juga :  JANGAN MUDAH MENYALAHKAN MURID

Maka peran humas itu sangat penting, seorang humas haruslah menjadi penggerak, inspirasi dan teladan di sekolah tersebut.

Seorang humas adalah seorang yang bisa memberikan solusi (Problem solving) bukan malah orang yang suka membuat masalah (Problem maker).

Jika semua tugas dan fungsi humas dapat berjalan dengan lancar dan baik, maka otomatis humas bisa menjadi ujung tombak kemajuan sebuah sekolah, seperti judul opini ini. Jayalah Indonesiaku.***

 

Artikel ini telah terbit di Bogortoday.com