Dandim 0618 Kota Bandung Berikan Arti Toleransi dan Bela Negara Kepada Mahasiswa

0

NARASITODAY.COM Komandan Distrik Militer (Dandim) 0618 Kota Bandung turun gunung lakukan pemaparan perihal toleransi dan bela Negara di lingkungan terguruan tinggi yang gelar di Bina Nusantara Uneversity Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa (30/1/2024).

Kegiatan yang bertujuan untuk berkonstribusi peningkatan Kesadaran Toleransi dan Bela Negara tersebut.

Pada kesempatan itu Dandim Kolonel Inf Dony Ismuali Bainuri, memberikan arahan kepada Para Deputy Campus Director, Para Dosen, Dosen Faculty Member, Para Karyawan dan Perwakilan Mahasiswa, pentingnya Tolerasi dan Bela Negara.

Menurut Dandim ada tiga hal, pentingnya toleransi di Perguruan Tinggi, yang pertama menumbuhkan atmosfer inklusif, kedua memperkaya pengalaman belajar dengan berbagai perspektif, ketiga membangun hubungan harmonis diantara mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Baca Juga :  Risol Premium ini Wajib Banget Kamu Coba Buat di Rumah

“saya dari TNI KODIM 0618 Kota Bandung pertama berterima kasih kepada Bina Nusantara (Binus) , dimana kita pada hari ini kami dari TNI diberi kesempatan menjadi narasumber acara seminar yang diselenggarakan oleh Binus , tema yang diangkat adalah Toleransi dan Bela Negara,”kata Dandim 0618 Kota Bandung Kolonel Inf Donny Ismuali Bainuri

Masih kata dia, Tadi yang kami sharing dengan teman- teman pada saat seminar adalah bagaimana kita meningkatkan kesadaran sebagai Bangsa Indonesia sebagai Bangsa yang besar oleh karena itu akan diharapkan sekaligus dapat mengembangkan toleransi untuk bisa terus menjaga kesatuan dan persatuan NKRI

Baca Juga :  Pembukaan Kegiatan Baksos FORMABI-KIP UIN Jakarta Tahun 2024, di Kampung Citoko, Lebak Banten

“Allahamdulillah tadi antusias Mahasiswa dan juga diikut ada dlDosen dan Karyawan, mudah- mudahan apa yang kami sharing tadi juga dapat menambah semangat kebangsaan kepada jajaran Binus,” ujarnya.

Bukan hanya itu. Ia menyampaikan akan terus melakukan kolaborasi antara mahasiswa dan tentara nasional Indonesia (TNI) terutama untuk pertahanan didunia Cyber di Kota Bandung.

“kita akan menindaklanjuti kerjasama bersama pak Johan, terutama karena Mahasiswa ada dikalangan intelektual punya basic secara keilmuwan dalam praktisi , sehingga akan terkolaborasi, saya pikir dapat membantu untuk ketahanan dan pertahanan di Kota Bandung untuk masalah Cyber “

Sementara itu, Direktor BINUS Bandung Dr. Johan Muliadi Kerta, menyampaikan alasanya kolaborasi tersebut guna memberikan wawasan terhadap mahasiswanya.

Baca Juga :  Ekspedisi Keindahan Alam Tersembunyi: Mahasiswa Aksi Bakti FORMABI-KIP UIN Jakarta Eksplor Wisata di Kampung Sitoko Lebak-Banten 

” tema kali ini adalah meningkatkan wawasan kebangsaan dan juga toleransi, dengan adanya pembicara kita, Pak Dandim ini bisa memberikan satu wawasan adalah Kita adalah satu bangsa yang besar agar merawat persatuan dan kesatuan,”kata Johan.

Ia mengungkapkan dengan pertama kalinya kegiatan itu dibuat, respon dari mahasiswa dan karyawan pun terbilang antusias mengikuti acara tersebut.

“antusias Mahasiswa sangat baik, Dosen, dan Karyawan turut mendengarkan materi dari Pak Dandim, saya kira ini acara yang sangat baik sekali dan kita akan adakan juga untuk angkatan-angkatan berikutnya , semoga acara ini bisa kita lakukan setiap tahun,” pungkasnya. ***

Penulis : Ilham