Gegara Tertukar TPS 17 Cikarawang Gelar PSL

0

NARASITODAY.COM- Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 di Kampung Carangpulang Rt 03 Rw 04, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor mengelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), pada 18 Februari 2024.

Adanya PSU dikarena kertas suara jenis Pemilihan DPRD Kabupaten Bogor dari daerah pemilihan (dapil) III ada di kotak suara TPS 17.

Ketua KPPS 17, Ridwan mengungkapkan pelaksanaan PSU seperti pemilihan Pemilu 2024, pemungutan suara dimulai pukul 07:00 sampai pukul 13:00 WIB.

Baca Juga :  Seminggu Dua Kali, Muspika Kecamatan Dramaga Patroli Malam

Namun, pemilih hanya pencoblosan kertas surat suara DPRD Kabupaten Bogor saja. Hal tersebut dikarena waktu hari H pemilihan ada sembilan surat suara DPRD Kabupaten Bogor dari dapil III tertukar di TPS 17.

“Sampai pukul 12:00 WIB yang hadir ada 58 orang dan menunggu satu orang lagi sampai dengan waktu penutup pencoblosan,” ujarnya.

Camat Dramaga Atep Sumaryo mengatakan, pelaksanaan PSU dihadiri PPK , Muspika Kecamatan Dramaga dan Bawaslu. Sesuai aturan pelaksanaan PSL dilakukan serentak hari ini, untuk di Kecamatan yang mengelar PSL hanya di TPS 17 Desa Cikarawang.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Imbau Masyarakat Datang Ke TPS

“DPT di TPS 17 ada 233 orang. Namun yang mengikuti PSU hanya 59 orang. Selesai pencoblosan dan penghitungan di TPS. Nantinya, kotak suara dibawa ke Gudang Logistik Kecamatan untuk dilakukan rapat Pleno tingkat Kecamatan,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Cikarawang Saputri mengungkapkan di Desa Cikarawang total ada 31 TPS dan hanya satu TPS yang surat suara DPRD Kabupaten Bogor tertukar dengan Dapil III .

Baca Juga :  Unik KPPS Berseragam Baju Adat Sunda Saat Melaksanakan Pemungutan Suara

Diketahui adanya surat suara yang tertukar dapil merupakan bukti kejelian masyarakat. Dikarenakan tertukar surat suara, sesuai aturan untuk TPS 17 dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU)

“Masyarakat sekarang sudah jeli ketika ada permasalahan langsung teriak sehingga permasalahan bisa terbuka dan diselesaikan dengan baik .
Kita berharap di pemilu 2024 bisa melahirkan pemimpin yang amanah dan bisa memperjuangkan masyarakat,” tukasnya.***