Masyarakat Dramaga Hingga Jasinga Bogor Bermimpi, Miliki Stasiun Kereta Api Untuk Menembus Kemacetan

0

NARASITODAY.COM –  Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang mudah diakses. Tak jarang, banyak orang yang memutuskan untuk tinggal di rumah dekat dengan stasiun kereta api.

Kemudahan akses ke layanan kereta api juga bisa menjadi alasan bagi banyak orang-orang dengan tarifnya yang memang terjangkau ditambah perjalanan menggunakan kereta api ialah sangat cepat dan menghemat waktu.

Bagaimana jika stasiun kereta api dibangun di wilayah yang sehari-hari nya mengalami kemacetan, seperti sebut saja di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dengan wilayah luas dan super penduduk terbanyak di wilayah Jawa Barat, kabupaten Bogor adalah wilayah penyanggah dari Ibukota DKI Jakarta.

Baca Juga :  Kokaga Santuni Anak Yatim Piatu di Desa Purasari

Kabupaten Bogor memiliki beberapa stasiun penyambung menuju Jakarta, seperti Stasiun Parung Panjang, Tenjo, Nambo dan Cibinong, namun diberbagai stasiun tersebut diharapkan bisa menyambung sampai wilayah seperti Jasinga, Cigudeg Leuwiliang hingga Dramaga.

Mungkin penyebutan keinginan memiliki stasiun dari Cibinong Dramaga hingga Jasinga dinilai sebagai bualan saja ataupun mimpi sejumlah masyarakat. Akan tetapi tidak mustahil bila mimpi itu bisa terbangun dikemudian tahun.

Meski demikian bila hal itu terjadi, Bogor sebagai penyanggah ibukota akan menjadi lebih maju dalam hal transportasi publik, akses menuju pusat pemerintahan kabupaten Bogor akan mudah bagi masyarakat dan perputaran ekonomi pun akan lebih meningkat signifikan.

Baca Juga :  Pelantikan Pengurus DPC Gekrafs Kabupaten Bogor: Fokus pada Pengembangan Ekonomi Kreatif

Sejumlah masyarakat pun memimpikan memiliki stasiun kereta api di wilayah Bogor Barat, seperti salah satu warga yang kita temui di pasar Leuwiliang, Moch Farhan, ia menyebutkan walaupun hal itu mustahil terjadi namun, keberharapan memiliki stasiun KA menjadi impian bagi semua masyarakat Bogor Barat.

“Kaya mimpi kalau pengen punya stasiun kereta api, tapi berdoa aja semoga dilihat Bogor Barat ini, dari segi potensi juga banyak apalagi warga Bogor Barat kan banyak setiap hari pulang pergi menuju Jakarta, kalau ada stasiun kan pasti banyak penggunanya karena hemat sama cepat,”katanya saat ditemui dipasar Leuwiliang pada Jumat (8/3/2024).

Baca Juga :  Ribuan PPPK Dilantik, PJ Bupati Bogor Berpesan Begini 

Selain itu, warga Jasinga, Fitri mengaku sangat berharap bila disekitar Jasinga dan Cigudeg memiliki stasiun kereta api.

“Kalo ada stasiun kereta api ke Cibinong atau ke Kota Bogor mah atuh gak bakal kena macet lagi, apalagi kan kabupaten Bogor punya kampus favorit kaya IPB di Dramaga sama unpak, pasti uraian kemacetan bisa berkurang juga kayanya,”ucap dia.

Meski sebagai mimpi, tidak mustahil bila ada pemimpin yang cermat dan memiliki sejuta gagasan kabupaten Bogor akan terintegrasi dengan sejumlah stasiun di wilayah yang diharapkan berbagai masyarakat tersebut.