Bazar Ramadhan Nanggung, Dongkrak Perekonomian Para Pelaku UMKM

0

NARASITODAY.COM – Ragam menu takjil dengan harga ekonomis banyak diburu, untuk menu buka puasa . Melihat momentum tersebut Pemerintah Kecamatan Nanggung bersama pelaku UMKM mengelar bazar Ramadhan selama satu bulan penuh.

Sejak sore hari warga berduyun -duyun mendatangi halaman kantor kecamatan Nanggung untuk berburu menu berbuka puasa.

Keberadaan bazar Ramadhan tersebut selain memiliki nilai ekonomis bisa mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Lukut ketika menjelang jam berbuka puasa.

Salah satu pembeli, Nanik (32) mengaku setiap sore menjelang waktu berbuka puasa, dirinya bersama keluarga selalu membeli takjil di Stan bazar Ramadhan Kecamatan Nanggung. Selain keragaman menu dan harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Dua Politisi Kawakan Dari Bogor Bersatu, Koalisi Golkar-PPP Bisa Terjadi

“Biasanya beli takjil saja kesukaan anak-anak kolak pisang. Harganya Rp 5 ribuan ya masih terjangkau,” ungkapnya.

Camat Nanggung Ae Saepulloh
mengungkap bazar Ramadhan dengan menggandeng para pelaku UMKM bertujuan untuk menggeliatkan kembali roda perekonomian warga.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi sasaran utama untuk membuka stan di lahan yang disediakan oleh pihak Kecamatan.
Untuk Stan bazar Ramadhan pada umumnya takjil berupa makanan manis berupa kolak pisang, es campur, es buah, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Peringati HJB Ke-542, Bang HM : Saatnya Bahagiakan Rakyat dan Menangkan JA Jadi Bupati Bogor

Selain itu, ada bazar Ramadhan di halaman kantor kecamatan bisa menarik masyarakat untuk berburu menu untuk berbuka puasa dan upaya mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Lukut.

Adanya inovasi bagi pelaku UMKM diharapkan bisa mengembangkan usahanya hingga lebih dikenal oleh masyarakat.

“Ada 21 Stan UMKM yang berjualan Makanan takzil untuk berbuka puasa. Selain bisa mengurai kemacetan di Jalan Lukut, adanya bazar Ramadhan tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga,” ujarnya.

Baca Juga :  Melalui Paripurna DPRD, RTRW Kabupaten Bogor 2024-2044 Resmi Ditetapkan

Ae Saepulloh menuturkan bahwa pemberdayaan UMKM memang sedang gencar dilakukan pemerintah kecamatan Nanggung berupaya untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat. Salah satu bukti nyatanya melalui pengadaan bazar berkah Ramadhan.

“Kegiatan bazar dengan menggandeng para pelaku UMKM rencananya bagi menjadi agenda rutin tahunan . Selain itu, ketika ada even kecamatan Nanggung para pelaku UMKM bakal di tampilkan,” tukasnya.***(As)