Perhatian Lebih Terhadap Ponpes, Lima Titik Tengah Berjalan Pembangunan MCK di Nanggung

0
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Dapil V, Nurodin Jaro Peloy

NARASITODAY.COM- Setelah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) fasilitasi penyelenggaraan pesantren pada 2023 akhir kemarin.

Sebanyak lima titik pondok pesantren (Ponpes) di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor terkucur pendaan untuk pembangunan mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Hal ini di utarakan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Dapil V, Nurodin Jaro Peloy saat reses masa sidang II Tahun 2023-2024. di Aula Kantor Desa Curugbitung, Nanggung, Kabupaten Bogor. Rabu (24/04/2024).

Baca Juga :  Seorang Pelajar SMP di Bogor Jadi Korban Penganiayaan Aksi Tawuran, Polisi Kejar Pelaku 

Nurodin menyatakan, bahwa realisasi Perda pasilitas pondok pesantren tahun ini telah bergulir, beberapa dukungan anggaran untuk penyelanggaraan ponpes.

Dari 40 titik kegiatan sekabupaten Bogor, 10 titik di wilayah Bogor Barat, ada lima titik di Kecamatan Nanggung pembangunan MCK

Baca Juga :  Santri Ponpes di Pamijahan Mendapatkan Perundungan Senior Kelas, Begini Kronologisnya

“Sebagai dukungan Perda penyelenggaraan ponpes. Alhamdulillah hari ini ada 40 titik se Kabupaten Bogor tersebar untuk penanganan pesantren yang kesulitan air bersih dengan pagunya sekitar 200 juta,” kata Nurodin yang juga
Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren pada DPRD Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Gudang Limbah Kecap di Leuwisadeng Digeruduk Warga, Ada yang kesurupan!!

Sementara terkait pemberdayaan, ia menjelaskan, dengan adanya Perda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren ini, pemerintah daerah dapat memberikan perhatian lebih terhadap pondok pesantren yang ada.

“Karena di pesantren itu berinteraksi banyak orang maka sanitasi disana harus diperbaiki betul-betul. Karena ini berbicara persoalan kelayakan sanitasi, ini persoalan derajat kesehatan,” pungkasnya.***