Curug Suakan di Rumpin Sumber Air Langsung dari Pegunungan

0

NARASITODAY.COM- Curug Suakan yang terletak di Kampung Palias Desa Rabak, Rumpin, Kabupaten Bogor. menjadi daya tarik pengunjung.

Wisata Curug Suakan yang air nya bersumber dari pegunungan langsung ini, baru di buka pada tahun 2020. Pada saat Covid-19.

Curug Suakan memiliki estetik tersendiri. Selain airnya tidak terlalu deras, curug suakan ini juga bersumber dari air pegunungan.

“Banyak pengunjung datang setiap hari. Wisata ini buka tiap hari dari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore, begitu juga di hari libur,” kata Humas Wisata Curug Suakan Ikbal Fauzi sebagai mana di lansir dari Hallo Bogor. Minggu (12/05/2024).

Baca Juga :  Eksplorasi Kuliner Malam di Radio Dalam: Sensasi Sate Taichan yang Menggoda

Menurutnya, untuk menuju Curug Suakan tidaklah terlalu sulit. Karena, akses jalan sudah dilakukan betonisasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Rabak tahun 2023. Wisata yang dikelola oleh swadaya masyarakat, baik itu yang jualan di lokasi wisatanya.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih pada pak Kepala Desa Rabak yang sudah membangun akses jalan. Sehingga warga yang mengunjungi wisata tidak ada rasa kekhawatiran,” bebernya.

Baca Juga :  Warga Rumpin Gelar Aksi Solidaritas: Kritik Terhadap Peraturan Operasional Kendaraan Tambang

Sementara itu, Ketua Pengelola Wisata, Warso mengatakan, Curug Suakan mulai buka itu di tahun 2020.

Saat itu sedang Covid-19. Wisata ini dikelola swadaya oleh masyarakat, banyak pengunjung yang datang mulai dari sekitaran Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Bogor.

“Pengunjung hanya membayar 5 ribu rupiah, sudah menikmati keindahan Curug Suakan. Jadi kalau satu motor dua orang berikut anak-anak, cukup membayar 12 ribu rupiah,” kata Kang Coco sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Pekerja Pasar Malam di Rumpin Tewas Tersengat Listrik

Kang Coco mengaku, bagi pengunjung bisa sepuasnya main air di lokasi wisata. Selain itu, pengunjung tidak ada batasan meski bawa jajanan di luar. Di dalam lokasi wisata Curug Suakan juga tidak menguras kantong saat jajan, serba murah.

“Banyak pengunjung yang sengaja ingin makan-makan di curug suakan. Kadang bawa juga makanan, ada juga yang pesan nasi di Curug Suakan. Untuk kendaraan roda empat hanya dikenakan parkir 10 ribu,” pungkasnya.***