Secangkir Teh Bisa Melindungi Orang dari Covid-19

0

NARASITODAY.COM- Sebuah studi baru menunjukkan bahwa minum secangkir teh bisa membantu melindungi orang dari Covid-19. Teh dipercaya dapat membunuh virus penyakit tersebut di mulut.

Sebagaimana dilansir The Sun, Sabtu (11/5/2024), para peneliti menguji lima jenis teh untuk melihat seberapa efektif teh tersebut dalam mengurangi tingkat virus di rongga mulut.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti memasukkan setiap teh ke dalam air panas selama 15 menit dan menyiapkannya dalam dua konsentrasi.

Baca Juga :  Tumpukan Sampah Liar Belakang Pasar Parung Meresahkan Masyarakat 

Para peneliti menginkubasi teh-teh itu dengan virus penyebab Covid-19 lalu menunggu lima menit.

Hasilnya adalah pada konsentrasi yang lebih kuat, semua varietas menunjukkan penurunan aktivitas virus dalam waktu 10 detik.

Tingkat pengurangan virus teh hitam standar sebesar 99,9 persen, sedangkan teh hijau, mint, raspberry, dan eucalyptus mengurangi virus setidaknya 96 persen.

Baca Juga :  Ampuh! Untuk Mengobati Sakit Pinggang, Ini Air Rebusan Alami, Bahan-bahannya ada Disekitar Anda

Para ahli percaya pada polifenol, zat gizi mikro yang secara alami terdapat pada tanaman.

Selain itu, berkumur dengan teh juga efektif mengurangi virus Covid. Tetapi, Tim Amerika Serikat (AS) ini menekankan bahwa menonaktifkan virus dalam air liur bukanlah pengganti untuk mendapatkan vaksin.

“Pada tahap ini, kami tidak menyarankan teh sebagai intervensi mandiri karena virus juga bereplikasi di hidung dan mungkin sudah mencapai paru-paru pada saat hasil tes positif,” ujar ahli virologi Malak Esseili.

Baca Juga :  Sistem Layanan BPJS di RSUD Kota Bandung Makin Canggih, Masyarakat Tak Perlu Antri Saat Mendaftar

“Tetapi teh dapat menjadi intervensi tambahan yang dapat dengan mudah diterapkan oleh para pasien dan keluarga-keluarga mereka sebagai rutinitas,” sambungnya.

Di samping membantu melindungi peminumannya dari Covid, teh juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut empat manfaat lain yang Anda rasakan.***(PMJnews)