Waspadai! 10 Penyebab Rambut Rontok Yang Umum Terjadi Pada Wanita di Usia Muda

0
Ilustrasi wanita rambut rontok

NARASITODAY.COM Rambut rontok merupakan masalah yang semakin umum terjadi di kalangan wanita muda, dan hal ini seringkali menjadi sumber kekhawatiran serta stres. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dermatologi, terdapat sepuluh penyebab utama yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada wanita diusia muda.

Beberapa Faktor Penyebab Rambut Rontok:

  1. Stres yang Berlebihan 

Stres menjadi salah satu faktor utama penyebab rambut rontok. Ketika seseorang mengalami stres yang intens, tubuh merespon dengan menghentikan proses pertumbuhan rambut.Hal tersebut dapat menyebabkan rambut rontok secara drastis. 

Dalam kondisi yang disebut telogen effluvium, lebih banyak folikel rambut memasuki fase istirahat dan menyebabkan kerontokan yang terlihat.

  1. Perubahan Hormon

Fluktuasi hormon, terutama yang terjadi selama menstruasi, kehamilan, atau penggunaan kontrasepsi hormonal, dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

  1. Kondisi Medis Seperti Alopecia
Baca Juga :  Camat Cisarua Benarkan Lahan Hasil Korupsi Eks Walkot Bekasi Bernilai Miliaran Rupiah Disita KPK

Alopecia androgenetik adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut dalam bentuk bercak-bercak kecil. Kondisi ini dapat muncul pada siapa saja, termasuk wanita muda.

Sistem imun secara keliru menyerang folikel rambut yang akhirnya menyebabkan rambut rontok. Meskipun kondisi ini belum dapat disembuhkan, beberapa perawatan seperti steroid dapat membantu merangsang pertumbuhan kembali rambut.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), alopecia menjadi penyebab paling umum kerontokan rambut pada wanita usia muda di seluruh dunia.

  1. Obat-obatan

Beberapa obat, termasuk obat jerawat dan kemoterapi dapat memiliki efek samping berupa kerontokan rambut.

  1. Penyakit Kulit Kepala

Kondisi seperti ketombe berlebihan, psoriasis, atau infeksi jamur di kulit kepala bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Peradangan pada kulit kepala dapat mengganggu siklus normal pertumbuhan rambut, membuat rambut rontok lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga :  Ketindihan Saat Tidur: Fakta Ilmiah Atau Fenomena Mistis?

“Hal ini disebabkan oleh respon peradangan terhadap organisme yang hidup di kulit kepala kita, khususnya koloni ragi Malassezia,” kata Dr. Kristen Lo Sicco, MD, profesor dermatologi sekaligus direktur unit kulit dan kanker di NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat.

  1. Penyakit Kulit Kepala

Infeksi atau kondisi kulit kepala seperti folikulitis dapat menyebabkan perdagangan dan kerontokan rambut.

  1. Penggunaan Produk Perawatan Rambut Berlebihan

Penggunaan produk styling yang mengandung bahan kimia keras, seperti cat rambut dan pelurus, dapat merusak folikel rambut.

  1. Merokok
Baca Juga :  Pasukan Kuning DLH dan Muspika Dramaga Bersinergi Tertibkan PKL di Desa Ciherang

Kebiasaan merokok telah terbukti berkontribusi pada masalah kesehatan rambut dan mempercepat proses penuaan pada folikel rambut.

  1. Genetik

Faktor keturunan juga menjadi penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda. Jika ada riwayat keluarga dengan masalah rambut rontok, besar kemungkinan masalah ini juga akan dialami oleh keturunannya.

Genetika bisa menyebabkan kerontokan yang terjadi secara bertahap dan lebih sulit diatasi tanpa intervensi medis.

  1. Penataan Rambut Yang Berlebihan 

Menggunakan alat styling panas secara rutin atau melakukan penataan yang terlalu ketat dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan.

Dengan memahami berbagai penyebab ini, wanita muda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan rambut mereka.***