Bantu Turunkan BB dengan 6 Buah Rendah Kalori yang Mudah Ditemukan di Pasaran

0
Ilustrasi buah-buahan

NARASITODAY.COM Dalam upaya menurunkan berat badan, mengonsumsi buah-buahan rendah kalori dapat menjadi strategi yang efektif dan menyenangkan untuk mencapai tujuan kesehatan Anda. 

Buah-buahan ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan segar, tetapi juga kaya akan nutrisi penting yang dapat mendukung program diet Anda. Dengan memilih buah-buahan yang rendah kalori, Anda dapat menikmati cemilan yang memuaskan tanpa khawatir akan penambahan berat badan.

Buah-buahan rendah kalori biasanya tinggi serat, yang berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat. Selain itu, banyak dari buah-buahan ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Misalnya, vitamin C yang terkandung dalam banyak buah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara serat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga :  Dua Maling 16 Dus Aluminium di Tenjo Berhasil Dibekuk Polisi

Mengganti camilan tinggi kalori dengan buah-buahan

Berikut ini jenis buah-buahannya:

1.⁠ ⁠Apel

Ilustrasi apel

Apel tak hanya rendah kalori, tapi juga kaya akan nutrisi. Satu buah apel berukuran sedang dapat mengandung 62,4 kalori, 25,1 gram karbohidrat, 4,4 gram serat, dan 0,5 gram protein.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan apel dapat membantu mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Selain itu, apel juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko diabetes, dan meningkatkan kesehatan usus.

2.⁠ ⁠Blueberry

Ilustrasi buleberry

Satu cangkir blueberry mengandung 84,4 kalori. Buah ini juga kaya akan serat, protein, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Penelitian juga menunjukkan blueberry dapat membantu mengelola glukosa dan mengurangi tekanan darah.

Baca Juga :  Nikmati Gohyong Ayam Yang Guruh Dan Renyah Dengan Resep Ini

3.⁠ ⁠Pepaya

Ilustrasi pepaya

Pepaya mengandung beragam nutrisi yang dapat menunjang penurunan berat badan. Satu cangkir pepaya yang sudah dipotong-potong mengandung sekitar 62,4 kalori, 15,7 gram karbohidrat, 2,5 gram serat, dan 0,7 gram protein.

Pepaya juga mengandung beta karoten, senyawa dengan sifat antioksidan yang dapat membantu memperlambat penuaan serta mengurangi risiko kerusakan sel.

4.⁠ ⁠Blackberry

Ilustrasi blackberry

Seperti halnya blueberry, blackberry mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Satu cangkir blackberry pun hanya mengandung sekitar 61,9 kalori, menjadikannya pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Satu porsi blackberry juga mampu memenuhi 37 persen dari kebutuhan serat harian. Berbagai penelitian menunjukkan serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan kesehatan usus, dua faktor yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Baca Juga :  Sepele! Ternyata Labu Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Lho

5.⁠ ⁠Strawberry

Ilustrasi Strawberry

Buah rendah kalori lain yang cocok untuk diet adalah stroberi. Satu cangkir stroberi mengandung sekitar 48,6 kalori.

Meski rendah kalori, stroberi memiliki kandungan nutrisi yang beragam, seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tentunya dapat mendukung penurunan berat badan.

6.⁠ ⁠Semangka

Ilustrasi semangka

Meski berukuran besar, semangka termasuk salah satu buah yang rendah kalori loh. Satu cangkir semangka yang dipotong dadu hanya mengandung 45,6 kalori saja.

Di sisi lain, semangka mengandung air, vitamin A, B6, C, serta antioksidan dalam bentuk likopen. Semangka juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibanding kebanyakan buah lainnya, menjadikan buah ini salah satu pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.***