Aksi Heroik Relawan Baksos FORMABI-KIP UIN Jakarta, Gotong Royong Perbaiki Genteng Rumah Bocor

0
FROMABI-KIP
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Sedang Memperbaiki Genteng Yang Bocor

NARASITODAY.COM – Kegiatan bakti sosial (baksos) Forum Mahasiswa Bidikmisi Kartu Indonesia Pintar  (FORMABI-KIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, juga melakukan program gotong royong di sekitaran Kampung Sitoko, Desa Pasirhaur, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten selama kegiatan baksos berlangsung. Tepatnya pada hari Selasa (16/01/2024).

Pada pagi hari, relawan baksos FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta khususnya laki-laki, membantu warga lokal mengangkat batu guna perbaikan jalan di Kampung Sitoko tersebut.

Kemudian saat siang hari, relawan baksos FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membersihkan masjid, diantaranya membersihkan halaman masjid, membersihkan karpet, mengelap kaca , menyapu dan mengepel lantai, serta membersihkan toilet masjid.

Baca Juga :  Diduga Terpeleset Kedalam Sumur, Mayat Berseragam SMP di Rumpin Sempat Dicari Keluarga 

FORMABI-KIP

Kemudian pada pagi hari Kamis (18/01/2024), sebagian relawan baksos FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan gotong royong dengan membantu warga lokal berladang. Berladang dilakukan di salah satu ladang milik warga dengan komoditi tanaman singkong yang baru ditanam.

“Tanah yang digunakan untuk berladang merupakan tanah milik orang lain ataupun pemerintah”, tutur Siti salah satu pemilik ladang di kampung Sitoko saat di wawancarai pada Kamis (18/01/2024).

Selain itu, Siti warga kampung Sitoko juga menambahkan bahwa berladang ini menjadi salah satu bentuk mata pencaharian sampingan dalam membantu perekonomian keluarga. Hasil panen biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan bukan untuk di jual belikan, tambahnya saat diwawancarai.

Baca Juga :  Pembukaan Kegiatan Baksos FORMABI-KIP UIN Jakarta Tahun 2024, di Kampung Citoko, Lebak Banten

Pemilik ladang yang merupakan warga kampung Sitoko merasa senang dan terbantu akan adanya mahasiswa yang melakukan baksos, khususnya dalam program berladang ini sebab dapat menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa dalam mengetahui cara berladang.

Di sisi lain, sebagian relawan baksos FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga bergotong-royong membersihkan SDN 02 Pasirhaur bersama para siswa, mulai dari membersihkan kelas dengan menyapu dan mengepel lantai serta mengelap kaca, lalu membersihkan halaman sekitar sekolah pada Kamis siang (18/01/2024) pukul 10.30-11.30

Kemudian, pada pukul 10.00 pagi, seorang warga melaporkan genteng rumahnya bocor. Relawan baksos dari FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terutama laki-laki, dengan sigap bergotong-royong membantu memperbaiki genteng yang bocor tersebut.

Baca Juga :  Komplotan Begal di Gunung Putri Pepet dan Acungi Celurit ke-Korbannya

Relawan baksos FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berusaha semaksimal mungkin membantu warga lokal dengan bergotong-royong dari mengangkat batu, membersihkan masjid, berladang, membersihkan SDN Pasirhaur, serta memperbaiki genteng rumah warga yang bocor.

Dengan adanya relawan baksos dari FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di kampung Sitoko, kami berharap warga merasa terbantu atas adanya kegiatan baksos yang telah dilaksanakan. Harap relawan baksos dari FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat diwawancarai pada Kamis (18/01/2024). ***