Puluhan Perguruan BKC Wilayah Bogor Timur Laksanakan Ujian Kenaikan Tingkat 

0

NARASITODAY.COM- Perguruan Bandung Karate Club (BKC) Kabupaten Bogor, menggelar ujian kenaikan tingkat, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang diikuti 50 peserta didik dari wilayah Bogor Timur. Minggu (3/3/2024).

Para serta yang hadir dalam kenaikan tingkat di Perguruan BKC ini berasal dari wilayah, Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal, Jonggol, Cariu, Tanjungsari, dan Sukamakmur. Semua peserta diuji dari mulai fisik, sampai kemampuannya, guna mengikuti kenaikan tingkat.

Ahmad Syafei Penasehat BKC wilayah Bogor Timur, mengatakan, perintisan BKC tahun 1963 dan berdirinya tahun 1966 di Bandung yang beranggotakan 11 orang.

“Alhamdulillah BKC mulai berkembang, dan sekarang BKC ada di 27 Daerah di Indonesia, anggotanya sudah mencapai puluhan ribu,” ucap Ahmad Syafei kepada Wartawan.

Selanjutnya Ahmad Syafei menjelaskan, tujuan didirikannya BKC ini untuk mendidik anak-anak generasi muda untuk mempunyai prestasi dalam dirinya, dan masa depan anak-anak yang nantinya akan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :  Kompak, Jaro Ade- Rudy Susmanto Siap Bebarengan Membangun Kabupaten Bogor

“Mudah-mudahan dengan anak-anak generasi muda yang bergabung di BKC bisa mempunyai prestasi yang gemilang, dan bisa bertanggung jawab terhadap dirinya, kelak hidupnya tidak akan melenceng,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, prestasi yang sudah diraih oleh BKC selama ini, mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional.

“Ya, kita sudah banyak meraih prestasi, dari mulai tahun 2000, kita juara di Porda, 2023 kita meraih emas di Indramayu, dan tahun 2023 juga kita meraih perak di Prancis terbuka. Kalau dari Perguruan seluruhnya banyak, tapi saya bicara yang di Kabupaten Bogor saja,” ungkapnya.

Selebihnya Ia juga memaparkan, kalau perlombaan di BKC tidak ada yang dipersiapkan, tapi kalau wilayah sudah mempersiapkan diri, dari kejuaraan tingkat cabang, sampai kejuaraan tingkat daerah, setelah itu baru ke tingkat Nasional.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Sebut Inovasi Kunci Terciptanya Layanan Masyarakat Yang Prima

“Nah kalau di Kabupaten Bogor ini kita mengadakan perlombaan antar wilayah dulu, nanti ditahun 2024 sekarang, kita ada perlombaan kejurnas, kebetulan tuan rumahnya Kabupaten Bogor,” kata Ahmad Syafei.

“Untuk di Kabupaten Bogor ini anggota sudah mencapai hampir seribu lebih, yang sudah sabuk hitam ada 200 orang, sebab ujian perujian kita naik. Biasanya di periode kedua sekitar bulan November banyak murid baru,” sambungnya.

Lebih lanjut Ahmad Syafei memberitahu, dalam pengujian ini syarat utama mereka harus berlatih terlebih dahulu selama 3 bulan, kedua punya tegi dan selanjutnya bayar admnistrasi. Yang penting dia mengikuti latihan dulu selama 6 bulan dalam seminggu latihan 2 kali, 24 kali latihan baru ikut ujian

Baca Juga :  Ngumpet Di Sukabumi Pelaku Curanmor Berhasil Diamankan Polisi

“Dasar utama ujian Tihong ( dasar karate), kata, (rangkaian jurus), dan fisik, selanjutnya pengukuhan, kalau bahasa di militer pembaretan. Makna dari pengukuhan itu biar mereka sendiri sadar harus menghargai dan menghormati apa yang dia miliki,” tuturnya.

 

Sementara Aiptu Andi Haryanto Pembina BKC wilayah Bogor Timur menyampaikan, kenaikan tingkat BKC ini untuk mengasah Kemampuan dan Karakter murid-murid menghadapi tantangan besar dalam ujian kenaikan tingkat.

 

“Ujian kenaikan tingkat karate adalah kegiatan yang dirancang untuk menguji kemampuan, keterampilan, serta pengetahuan murid-murid BKC yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan bela diri karate. Maksud dari ujian ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para murid untuk memperlihatkan kemajuan mereka dalam belajar karate dan menunjukkan keahlian yang mereka peroleh selama masa pelatihan,” pungkasnya.***