Unik!! Pemcam Rancabangur Giat Halalbihalal Kenakan Pakaian Adat

0
Tamu undangan yang hadir dalam kegiatan halalbihalal pemcam Rancabangur kenakan pakaian adat Sunda (ist)

NARASITODAY.COM – Kegiatan halalbihalal pemerintah Kecamatan (Pemcam) Rancabangur, Kabupaten Bogor. mengenakan serba pakaian adat sunda.

Yang mana suasana lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah ini, bertepatan dengan hari Kartini hal ini tentu untuk menghargai perjuangan sosok Kartini

Acara berlangsung di aula kantor Kecamatan Rancabungur, Senin, 22 April 2024. Turut hadir Camat Rancabungur, Kapolsek Rancabungur, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para Kepala Desa beserta para staf dan juga kepegawaian dilingkungan Pemerintah Kecamatan Rancabungur.

Terlihat para hadirin mengenakan serba pakaian adat sunda atau kebaya. Sementara laki-laki mengenakan pakaian serba hitam.

Sebelumya, melakukan Apel pagi yang di pimpin oleh Camat Rancabungur Dita Aprillia.

Baca Juga :  Dai Kondang UAS Halalbihalal di SMA Plus YPHB

“Sebelum acara halalbihalal, kita semua melaksanakan giat apel pagi dulu. Lalu kemudian dilangsungkan dengan acara halalbihalal dan makan bersama, karena ini masih suasana lebaran. Alhamdulillah acaranya berjalan lancar,” kata Camat Rancabungur, Dita Aprillia kepada Wartawan saat disambangi di ruangannya.

“Tentunya di momen itu, Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kecamatan Rancabungur mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir batin. Saya juga mohon maaf kepada warga masyarakat Kecamatan Rancabungur, apabila ada yang kurang berkenan dan kurang maksimal dalam pelayan kami mohon dimaafkan,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan dan sedikit mengulas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama bulan suci Romadhon yang telah berlalu dan sudah terlaksana dengan lancar.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Dorong Industri Pariwisata Bebas Pungli

“Selama bulan suci Ramadhan, Alhamdulillah kami sudah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya taraweh keliling (Tarling) tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di wilayah Desa Candali yang dihadiri oleh Kadis Dukcapil,” bebernya.

Lalu kemudian sambung Camat, ada beberapa mesjid yang melakukan itikaf di hari-hari terakhir bulan Suci Ramadhan.

“Kami juga bersama dengan para ASN se Secamatan Rancabungur mengumpulkan Zakat Fitrah dan sodakoh secara terpusat oleh Baznas tingkat Kecamatan dan juga kegiatan kegiatan lainnya,” bebernya.

Dimomen peringatan hari Kartini ini, Camat Dita Aprillia juga menyampaikan pesan dan motivasi untuk para perempuan yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor ini.

Baca Juga :  Mendekati Lebaran Sejumlah Bus Terminal Leuwiliang di Cek Petugas Dishub 

“Pesan saya untuk para perempuan yang ada di Kecamatan Rancabungur ini, semoga lebih dapat berdaya, dapat terus bermotivasi untuk terus belajar berkreasi. Jadi Raden Ajeng Kartini aja mengajari kita pada zamannya yang belum ada pasilitas apa apa, beliau bisa bangkit. Apalagi kita dengan ketersediaan pasilitas yang sudah ada, ayo kita maksimalkan pasilitas yang sudah ada, dan kita jangan jadi perempuan yang lemah. Kita harus jadi perempuan yang berdaya, namun kita tidak melupakan kodrat kita sebagai seorang perempuan,” pungkasnya.***