Kampung Wakaf : Inisiatif Untuk Kekalkan Kebaikan serta Tingkatkan ketahanan Pangan Berbasis Lahan Wakaf

0

NARASITODAY.COM- Rumah wakaf yang berada di Bojong Menteng, Kelurahan Pasirmulya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Menyebut isu ketahanan pangan merupakan upaya optimalisasi harta wakaf yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara produktif sebagai upaya mendayagunakan aset-aset wakaf.

Potensi wakaf di Indonesia baru terhimpun satu persen, atau setara dengan 17 Triliun dari potensi keseluruhan di angka 100t, Hal ini juga disertai dengan masih rendahnya literasi masyarakat terkait wakaf yaitu di angka sekitar 50,4. Hal ini pula lah yang menjadikan banyak aset-aset wakaf yang terkategori kurang terdayagunakan (sumber data: KNEKS).

Baca Juga :  Hujan Lebat Sebabkan Satu Rumah di Sentul Tertimbun LongsorĀ 

“Upaya pelaksanaan serta dampak dan kontribusi Kampung Wakaf terhadap ketahanan pangan, insyaa Allah kami upayakan secara bertahap. Dimulai dengan mendukung serta menggalakan partisipasi masyarakat, dengan harapan keberlanjutan program serta dampaknya bisa kami konsisten kan,” kata Rendi Septiyan Nugraha selaku CEO Rumah Wakaf.

Menurut Rendi Salah satu pendekatan program Kampung Wakaf ini adalah Kebun Produktif, yang realisasinya dikelola secara langsung oleh Rumah Wakaf dengan menjalin kemitraan bersama dengan para petani lokal.

Baca Juga :  Pemancing di Cileungsi Dikagetkan Mayat Dengan Kondisi Sudah Membusuk

“Meskipun demikian, kami percaya bahwa ada banyak inisiatif serta karya nyata masyarakat dan/atau kelompok tani yang perlu kami dukung dengan pendekatan Kampung Wakaf ini. Hal ini di antaranya adalah aktivitas Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Mulya, yang ada di Kampung Bojong Menteng, Kelurahan Pasir Mulya, Kec. Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat ini,” terang Rendi.

Baca Juga :  Dua Pria Diduga Jambret di Gunung Sindur Babak Belur Dikromas

“Partisipasi aktif masyarakat dalam mendayagunakan lahan wakal yang diamanahkan kepada Rumah Wakaf di Kampung Bojong Menteng ini, sangat menggembirakan. Kami berharap bisa senantiasa memberikan dukungan terbaik dengan berbagai inisiatif dan pengembangan program yang berdampak,” ungkap Rendi.

Hingga tahun 2023 Rumah Wakaf telah memberikan dampak bagi 158.765 penerima manfaat di 18 Provinsi di Indonesia, melalui rangkaian program Wakaf Produktif serta Wakaf Sosial.***