Pemkab Bogor Bersama Muspika Sukajaya Tingkatkan Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah Melalui Tarawih Keliling di Desa Cileuksa

0
Kegiatan Tarawih Keliling yang dilakukan Pemkab Bogor bersama Muspika Kecamatan Sukajaya

NARASITODAY.COM – Kegiatan Tarawih Keliling yang dilakukan Pemkab Bogor bersama Muspika Kecamatan Sukajaya pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah dilakukan di Masjid At-Taqwa Rt 02/08 Desa Cileuksa Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor pada Jumat (22/03/2024) kemarin malam.

Hal tersebut dikatakan oleh Camat Sukajaya Rosidin yang sangat aktif dalam menggelar berbagai kegiatan ukuwah islamiyah.

Rosidin menambahkan, pihaknya sangat senang bahwa pelaksanaan Tarling di masjid At- Taqwa merupakan kegiatan Tarawih keliling serta buka bersama ditingkat Kabupaten Bogor pada bulan Puasa tahun ini.

Kegiatan Tarawih Keliling yang dilakukan Pemkab Bogor bersama Muspika Kecamatan Sukajaya(foto dok : Gus)

Lebih lanjut, kata Rosidin kegiatan tarling tingkat Kabupaten Bogor ini digaungkan oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

“Ini adalah kegiatan Tarling tingkat kabupaten Bogor, dan ketua timnya adalah Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortokultura dan Perkebunan,”kata Rosidin.

Rosidin menjelaskan, pelaksanaan Tarling di masjid At-Taqwa wilayah Desa Cileuksa itu, dihadiri oleh seluruh Kades se-Kecamatan Sukajaya, Kapolsek, Danramil serta Seluruh Ketua MUI yang terdiri dari 11Desa wilayah tersebut.

Adapun, tim tarling Kabupaten Bogor di anggotai oleh semua perangkat di lingkup Kecamatan Sukajaya yang diantaranya, Camat, Sekcam, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA,Ketua MUI, Kades Cileuksa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Staf Kecamatan dan DKM Masjid At-Taqwa,serta para kepala desa Se – Kecamatan Sukajaya hingga babinkamtibmas dan Babinsa.

Baca Juga :  Diterjang Hujan dan Angin Kencang, Atap 2 Ruang Kelas SMP 1 Sukajaya Ambruk

“Dalam kesempatan pada hari ini, kami Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sukajaya, kami sebagai tuan rumah di Tarawih keliling pertama ini. Sehingga kita kumpul semua teruntuknya bagi forum muspika Sukajaya termasuk para Kades serta tokoh masyarakat yang berada di sekitaran masjid At-Taqwa Desa Cileuksa ini,” ungkapnya.

Menurutnya, penunjukkan masjid At-Taqwa untuk mewakili kecamatan Sukajaya, dipilih bukan tanpa sebab. Dimana, masih kata Camat, sarana ibadah bagi umat muslim itu dilihat belum sekali pun diikut sertakan dalam program bergengsi tingkat Kabupaten Bogor.

“Penunjukkan masjid At-Taqwa ini adalah saya sendiri yang menunjuknya sebagai Camat, kenapa saya pilih masjid ini karena dari sekian masjid yang ada dengan lokasi strategis, juga masjid At-Taqwa ini belum pernah sekali pun kita ikut sertakan di kegiatan seperti ini.

Makanya saya pilih masjid At-Taqwa Desa Cileuksa sebagai masjid yang mewakili Kecamatan Sukajaya di Tarling tingkat Kabupaten Bogor,” terangnya.

Baca Juga :  Caleg DPRD Kabupaten Bogor, Amin Sugandi Melegang Mulus, Raih Suara Sempurna Didapil II

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antara alim ulama dan Umaroh, maupun pertemuan antara masyarakat dengan para pejabat pemerintahannya dari Koramil hingga pihak kepolisian yakni dari jajaran Polsek Cigudeg Polres Bogor.

“Dengan adanya Tarling ini, kan kita jadi bisa saling bertemu bahkan untuk kita saling bertemu antara kita di pemerintahan Kabupaten Bogor dengan warga masyarakatnya di momentum yang baik pada malam hari ini,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Cigudeg Kompol Wagiman menyampaikan, bila tarawih keliling yang diprakarsai oleh Pemkab Bogor ini merupakan hal yang sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi antara Umaro dan ulama serta masyarakat disetiap wilayah.

Baginya, Polsek Cigudeg jajaran Polres Bogor ikutserta dalam program ramadhan 1445 Hijriah ini bertempat di masjid At – Taqwa Desa Cileuksa sangat mengapresiasi atas kegiatan Tarawih keliling yang dilakukan oleh Pemkab Bogor ini.

“Dari kegiatan Tarling ini pihak kepolisian secara langsung bisa memberikan himbauan Kamtibmas terhadap masyarakat khususnya kepada orang tua agar selalu mengawasi anaknya pada saat bepergian apabila sudah waktunya pulang, bagi anaknya yang belum pulang agar segera di hubungi melalui via seluler atau dicari keberadaanya agar cepat pulang ke rumah.

Baca Juga :  Kampung Wakaf : Inisiatif Untuk Kekalkan Kebaikan serta Tingkatkan ketahanan Pangan Berbasis Lahan Wakaf

“Orang tua harus aktif memantau kegiatan anak-anak disaat menjelang malam,jangan sampai anaknya menjadi korban kekerasan atau menjadi pelaku tindak pidana,”pintanya.

Wagiman juga menambahkan, bagi anak anak pemuda dan remaja yang mau ngebuburit disaat menjelang buka puasa saya menghimbau agar jangan melakukan kegiatan yang dapat membahayakan orang lain, seperti perang sarung dan melakukan balapan liar disetiap jalan umum yang dilintasi oleh warga.

“Ngabuburit dapat dilakukan bisa dengan cara yang bermanfaat dan berpahala, misalnya tadarusan atau baca Alqur an dimesjid, dan kegiatan ngabuburit lainnya yang bisa bermanfaat, dan jangan sampai melakukan kegiatan yang dapat merugikan orang lain dan diri sendiri,”tegasnya .

Ia berharap dengan adanya kegiatan Tarawih keliling ini pihak kepolisian bisa secara langsung memberikan himbauan Kamtibmas bagi masyarakat khusus nya diwilayah Kecamatan Sukajaya dan Cigudeg.*** (Gus).