Dampak Zonasi, Lulusan SDN Margajaya IV Banyak yang Bersekolah di SMPN Kabupaten Bogor

0

NARASITODAY.COMSDN Margajaya IV, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menggelar pelepasan dan perpisahan siswa kelas VI, di halaman Gedung Sekolah, pada Senin (10/6/2022).

Sebanyak 40 siswa dan siswi kelas VI Bogor mengikuti sejumlah prosesi pelepasan lengser hingga sungkem kepada kepala sekolah hingga masing-masing wali kelas.

Setelah dinyatakan lulus SDN, siswa bakal berlomba-lomba agar bisa bersekolah di SMP Negeri.

Kepala Sekolah SDN Margajaya IV, Lilis Nurliswati mengungkapkan bahwa kegiatan perpisahan kali ini mengusung konsep sederhana, namun berkesan.

Baca Juga :  Penghuni Perumahan di Jonggol Meninggal Dunia Dikamar Mandi, Diduga Akibat......

Selain adanya pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi, prosesi pelepasan siswa dengan lengser hingga sungkem kepada kepala sekolah hingga dan orang tua.

Kepala sekolah SDN Margajaya IV

Sedangkan tema kelulusan tahun ini yakni “Teruskan menghadapi Dunia nyata dengan diiringi doa guru dan orang tua”.

Saat ini, untuk lulusan siswa kelas 6 ada sekitar 40 siswa . Total keseluruhan siswa SDN Margajaya IV dari kelas 1 sampai kelas 6 ada 400 Siswa.

 

“Kami atas nama keluarga besar SDN Margajaya IV mengucapkan selamat kepada siswa yang sudah lulus dalam mengikuti ujian dan semoga siswa dapat mengemban ilmunya ke jenjang yang lebih tinggi, dan mampu masuk ke sekolah SMP Negeri,” ujarnya.

Baca Juga :  SEKOLAH BISA MEMODIFIKASI KURIKULUM

Lilis mengungkapkan letak Gedung SDN Margajaya IV berada di ujung Kota Bogor berbatasan dengan Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Dirinya tidak menampik banyak siswa lulusan SDN Margajaya IV yang melanjutkan sekolah ke SMP Negeri yang ada di Kabupaten Bogor . Hal tersebut di karena adanya sistem zonasi bagi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Ketika siswa ingin melanjutkan sekolah ke SMPN 14 atau SMPN 6 Kota Bogor mereka kalah bersaing. Penyebabnya tak lain sistem zonasi.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Beri Motivasi Jajaran RSUD Ciawi Agar Tak Kendor Berikan Layanan Terbaik Untuk Masyarakat

Hal ini yang mendorong siswa lebih memilih mendaptar ke sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Bogor yakni ke SMPN 1 Dramaga atau SMPN 2 Dramaga .

Kedua sekolah tersebut lebih dekat dengan SDN Margajaya IV dan masuk zonasi .

“Saya berharap sistem Zonasi dihapus karena merugikan siswa yang rumahnya jauh dari sekolah Negeri. Kita juga meminta ke Pemerintah Kota Bogor menambah SMPN di wilayah Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.” tukasnya