Ampuh! Untuk Mengobati Sakit Pinggang, Ini Air Rebusan Alami, Bahan-bahannya ada Disekitar Anda

0

NARASITODAY.COM- Setiap orang bisanya mengalami sakit pinggang, hal itu akan menggangu aktivitas lantaran rasanya yang tak nyaman.

Jika kamu mengalami sakit pinggang, tak perlu buru-buru minum obat dokter, kamu bisa mengonsumsi air rebusan untuk mengobati sakit pinggang.

Sakit pinggang dapat terjadi karena duduk terlalu lama, banyak membungkuk, atau masalah pada saraf dan tulang.

Sakit pinggang bisa dialami siapa saja, terutama seseorang di usia 30 – 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh perubahan tubuh seiring usia.

Penyebab yang sering terjadi meliputi :

  • Cedera saat olahraga
  • Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat
  • Ligamen terkilir
  • Otot terkilir secara tiba-tiba
  • Otot terlalu meregang berlebihan
  • Mengangkat beban berat dengan posisi
  • tubuh yang tidak tepat

Air rebusan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk atasi sakit pinggang

Baca Juga :  PJ Bupati Minta Inspektorat Lakukan Pengecekan Pembangunan Jembatan Cidangdeur Yang Ambrol

Bawang merah

Sejak dulu bawang merah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri sekaligus menyembuhkan penyakit sakit pinggang. Bawang merah juga mengandung komponen aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tanin.

Cara membuatnya, siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan kurma Cina. kemudian tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Senyawa bioaktif utama kunyit yang disebut kurkumin mungkin memiliki sifat antiinflamasi. Mengutip PharmEasy, senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup mencampurkan beberapa bahan seperti kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot yang telah dibersihkan terlebih dahulu ke dalam sebuah panci untuk direbus.

Baca Juga :  Ini Empat Manfaat Secangkir Teh Bagi Kesehatan 

Lalu rebus hingga mendidih, kemudian diamkan hingga air menghangat. Setelah itu, saring air rebusan tersebut. Kemudian ramuan diminum secara rutin setiap pagi dan sore.

Daun sirih

Melansir laman Kemenkes, daun sirih mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Pengobatan tradisional dengan sirih, terbukti efektif dan mampu menyembuhkan penyakit atau mengurangi rasa sakit, khususnya di bagian pinggang.

Lengkuas

Air rebusan lengkuas bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Hal ini karena lengkuas juga memiliki sifat anti-inflamasi. Teh lengkuas dapat menjadi solusi sakit pinggang di rumah.

Baca Juga :  Cuaca Panas yang Bisa Menyebabkan Gangguan Kesehatan Ini Saran Dokter

Untuk membuat teh lengkuas, tambahkan sepotong kecil akar lengkuas yang telah dihancurkan ke dalam teh pilihan Anda, dan rebus bersama dalam air selama beberapa menit.

Kemudian, saring teh, tambahkan gula atau madu dan minum teh ini di pagi dan sore hari untuk meredakan nyeri pinggang dengan cepat

Daun binahong

Guru besar Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Elin Yulinah, mengatakan, binahong memang memiliki khasiat yang sangat beragam dalam mengatasi beragam penyakit.

Hal itu telah dibuktikan melalui beberapa kali uji coba di Laboratorium Farmakologi-Toksikologi, Sekolah Farmasi ITB.

Elin mengatakan mengonsumsi binahong bisa dilakukan dengan merebus tanaman tersebut dan air rebusannya bisa diminum langsung. Tanaman binahong memiliki khasiat mengatasi gagal ginjal, asam urat, dan penyembuhan luka.***